Visi dan Misi

Posted by : Administrator
Share

Kecamatan Pangkalbalam dibentuk sesuai dengan Perda Kota Pangkalpinang  Nomor 11 tahun 2012 tentang Pembentukan Kecamatan di Kota Pangkalpinang, Peraturan Daerah Kota pangkalpinang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kecamatan dan Kelurahan di Lingkungan Pemerinatah Kota Pangkalpinang dan Peraturan Walikota Pangkalpinang Nomor 15 tahun 2010 tentang Rincian Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Kecamatan, antara lain menyusun Rencana Strategis Kecamatan dengan mengacu kepada RPJMD Kota Pangkalpinang.

Visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. Atau dapat dikatakan bahwa visi merupakan pernyataan want to be dari organisasi atau perusahaan. Visi juga merupakan hal yang sangat krusial bagi perusahaan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang. Dalam visi suatu organisasi terdapat juga nilai-nilai, aspirasi serta kebutuhan organisasi di masa depan. Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan.

Dalam upaya mewujudkan harapan dan aspirasi stakeholders serta melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, maka pernyataan Visi Kecamatan Pangkalbalam adalah : “ Terciptanya Aparatur Kecamatan dan Kelurahan Yang Berkualitas Dalam Mewujudkan Pelayanan Prima ”.

Dengan adanya visi ini jelaslah tujuan yang hendak dicapai oleh Kecamatan Pangkalbalam, karena dengan visi maka segala kegiatan dan program kerja yang akan dijalankan kesemuanya akan berpedoman atau mempunyai tujuan secara umum yang sama yakni terbentuknya suatu pemerintahan di Kecamatan dan Kelurahan dengan aparatur yang berkualitas dan profesional  baik dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) maupun dalam pelayanan publik yang merupakan tugas pokok kecamatan yaitu menjalankan fungsi pemerintahan umum dalam rangka menunjang visi Kota Pangkalpinang.

Misi adalah apa sebabnya kita ada (why we exist / what we believe we can do). Pada dasarnya misi merupakan alasan mendasar eksistensi suatu organisasi. Jadi perumusan misi merupakan realisasi yang akan menjadikan suatu organisasi mampu menghasilkan produk dan jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan. Misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alasan eksistensi organisasi yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa. Pernyataan misi merupakan sebuah kompas yang membantu untuk menemukan arah dan menunjukkan jalan yang tepat dalam rimba bisnis saat ini. Tujuan dari pernyataan misi adalah mengkomunikasikan kepada stakeholder, di dalam maupun luar organisasi, tentang alasan pendirian perusahaan dan ke arah mana perusahaan kan menuju. Oleh karena itu, kalimat dalam misi dinyatakan dalam satu bahasa dan komitmen yang dapat dimengerti dan dirasakan relevansinya oleh semua pihak yang terkait.

Dalam rangka mewujudkan visi kecamatan sebagaimana tersebut di atas, dirumuskan dalam bentuk misi sebagai berikut :

  • Meningkatkan kualitas Aparatur Kecamatan dan Kelurahan dalam pengelolaan dan pelayanan administrasi kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

  • Menumbuhkembangkan kehidupan masyarakat yang demokratis serta partisipasi aktif dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan;

  • Meningkatkan Kemampuan Pelayanan Publik

Unidha Kecamatan Pangkal Balam
© 2021 Kecamatan Pangkalbalam Follow Kecamatan Pangkalbalam : Facebook